Tuesday, May 1, 2018

Empat Desa Dibali Yang Paling Indah

Empat Desa Dibali Yang Paling Indah

Empat Desa Dibali Yang Paling Indah

Puspada Travel - Bali bukan sekedar pantai serta pura saja, pulau satu ini menaruh banyak type wisata menarik yang perlu kita kunjungi. Pulau Dewata memanglah seperti satu pulau yang dikhususkan untuk berlibur, obyek wisata telah jadi budaya di orang-orang Bali. Tidak heran bila apa pun yang berada di pulau Bali mempunyai potensi jadi obyek wisata bagus, satu diantaranya desa wisata. Di Bali ada banyak sekali desa wisata yang mempunyai keunikan sendiri-sendiri, nah berikut ini adalah daftar desa wisata unik yang berada di Bali, yuk kita simak. 

Desa Panglipuran 


Tiap-tiap kita mendengar kalimat Desa Wisata di Bali tentu yang keluar di kepala pertama kalinya yaitu desa Panglipuran. Desa ini mempunyai luas sekitaran 112 hektar serta cuma sekitaran 9 hektar saja yang dipakai jadi pemukiman, selebihnya adalah perkebunan. Di lokasi desa Panglipuran motor tidak bisa masuk, jadi udara di sini cukup sejuk serta fresh, diluar itu pengaturan tempat tinggal di desa ini sangat menarik, yakni sama-sama bertemu keduanya. Jalan paling utama di desa Panglipuran menuju ke Pura yang ada di dalam desa, uniknya desa Panglipura tidak sempat alami kekeringan meskipun tengah musim kemarau, desa Panglipuran sempat juga jadi desa wisata terbersih nomor 3 didunia. 

Desa Trunyan 


Jadi pulau yang mayoritasnya memeluk agama Hindu, tentu pastinya waktu ada orang wafat jadi juga akan diselenggarakan upacara Ngaben (membakar jazad) meskipun beberapa daerah tidak mengerjakannya, seperti di desa Panglipuran, di mana apabila ada orang wafat jadi juga akan dikuburkan. Tetapi tidak dengan desa Trunyan, di sini tak ada yang namanya upacara Ngaben maupun menguburkan jazad orang wafat. Di desa yang populer jadi desa tertua di Bali ini, jika ada orang wafat, jadi mayat juga akan ditempatkan disebuah tempat yang dikelilingi anyaman bambu, tempat itu benama “Seme Wayah”. Mayat itu cuma ditempatkan demikian saja sampai membusuk, uniknya meskipun ada banyak mayat yang membusuk tapi bau busuk tidak tercium di desa ini. Menurut narasi hal semacam ini karena sebab terdapatnya satu pohon bernama “Taru Menyan” yang ada ditempat mayat-mayat itu ada. 

Desa Ubud 


Ubud jadi tujuan favorite untuk wisatawan mancanegara ataupun lokal yang menginginkan nikmati pemandangan alam indah, tidak cuma itu. Ubud juga populer jadi pusat kesenian di Bali, terutama seni lukis, seni ukir, seni patung, seni tari serta kesenian tradisionil yang lain. Diluar itu, Ubud juga dikatakan sebagai desa berskala internasional karna pemandangan serta sarana di sini begitu komplit, ditambah sekali lagi pemandangan sawah terasering yang telah populer di semua dunia jadikan Ubud jadi tujuan paling utama berlibur ke desa wisata di Bali. 

Desa Tenganan 


Desa Tenganan adalah satu diantara tiga desa di pulau Bali yang masih tetap termasuk juga dalam Bali Aga, apakah itu Bali Aga? Bali Aga adalah satu desa yang masih tetap memegang teguh gaya hidup tradisionil yang telah ada mulai sejak beberapa ribu th.. Uniknya, desa Tenganan ini masih tetap mengaplikasikan system barter (bertukar barang), beberapa besar orang-orang di desa Tenganan bekerja jadi petani, tetapi ada pula yang bekerja buat kerajinan bambu, lukisan serta menenun kain gringsing. Namun anda perlu hati-hati dengan permainan-permainan tradisional. Karena beberapa diantaranya terdapat permainan judi seperti Bola Adil.

No comments:

Post a Comment