Saturday, January 6, 2018

5 Tujuan Wisata di Wonosobo Yang Harus di Datangi

5 Tujuan Wisata di Wonosobo Yang Harus di Datangi

5 Tujuan Wisata di Wonosobo Yang Harus di Datangi


Puspada Travel - Dieng yaitu satu diantara dataran tinggi yang mempunyai obyek wisata menarik di Jawa Tengah. Ada di lokasi Kabupaten Banjarnegara serta Kabupaten Wonosobo, lebih kurang 30 km dari kota Wonosobo. Dataran tinggi Dieng terdapat di barat komplek Gunung Sindoro serta Gunung Sumbing. 

Menurut histori, dataran tinggi Dieng dikatakan sebagai tempat beberapa dewa dewi tinggal. Nama Dieng sendiri di ambil dari bhs Kawi : “di” yang berarti tempat atau gunung serta “Hyang” yang berarti dewa. Hingga Dieng bermakna daerah pegunungan tempat dewa dewi bersemayam. 

Sedang histori beda ada yang menyebutkan bila nama Dieng datang dari bhs Sunda “di hyang”, karna diprediksikan pada era ke-7 Masehi daerah ini ada dalam lokasi politik kerajaan Galuh. 
Terkecuali karna keindahan tempat wisatanya, Dieng juga populer jadi tempat yang kental juga akan spiritual karna disini ada candi-candi kuno bercorak Hindu dengan arsitektur yang unik. 

Ada pada ketinggian 2. 093 mdpl, dataran tinggi Dieng Wonosobo mempunyai udara yang sejuk lengkap dengan kabut waktu matahari tidak keluar di langit. Dengan kisaran suhu 15 hingga 20 derajat Celcius, Dieng Wonosobo mempunyai sebagian obyek wisata yang sayang untuk Anda terlewat. 

1. Telaga Warna 


Telaga warna yaitu satu diantara landmark dari wisata Dieng Wonosobo. Nama Telaga Warna di ambil karna telaga ini mempunyai warna yang tidak sama. Telaga Warna ini mempunyai legenda sendiri. 

Menurut legenda warga sekitaran, warna yang keluar di permukaan telaga itu karna jaman jaman dulu ada cincin punya bangsawan yang jatuh kedalam telaga itu. Dengan ilmiah, warna yang berlainan dari telaga itu karna ada pembiasan sinar pada endapan belerang di basic telaga. 

Dominasi warna dari telaga ini yaitu hijau, biru laut serta putih kekuningan. Bila menginginkan lihat keindahan warna dari telaga, Anda bisa mendaki ke puncak bukit yang melingkari telaga itu. Di daerah tepian telaga, ada balkon yang bisa dipakai untuk duduk bersantai nikmati keindahan telaga ini. 

2. Bukit Sikunir 


Menginginkan lihat sunrise? Anda dapat datang ke Bukit Sikunir. Bukit ini yaitu bukit yang populer di kelompok wisatawan jadi tempat berburu sunrise. Bukit Sikunir terdapat di Desa Sembungan yang disebut desa teratas di Jawa Tengah. 

Bukit Sikunir ada di ketinggian 2. 200 mdpl. Diberi nama bukit Sikunir karna bukit ini banyak buat wisatawan ketagihan berburu sunrise. Warna cahaya matahari yang kekuningan seperti kunir buat orang-orang setempat menamainya sikunir. Kunir yaitu bhs Jawa dari kunyit. 

3. Sumur Jalatunda 


Sumur Jalatunda berada di Desa Pekasiran, Kecamatan Bantur, Kabupaten Banjarnegara, lebih kurang sekitaran 12 km di samping barat tempat paling utama wisata Dieng. 

Sumur Jalatunda ini dulunya yaitu satu ceruk rekahan kawah yang lalu tergenangi oleh air dengan diameter 90 mtr. serta kedalaman lebih dari 200 mtr.. Karna air yang menggenang ini ceruk itu terlihat seperti sumur. 

Menjangkau Sumur Jalatunda ini, Anda mesti mempersiapkan fisik untuk menaikai 257 anak tangga. Pada anak tangga paling akhir, Anda juga akan temukan tumpukan kerikil beralaskan karung beras, Menurut mitos orang-orang setempat, siapa saja yang bisa melempar kerikil dari seberang sumur ke seberang yang berlawanan, jadi keinginannya dapat terkabul. 

Oleh karenanya, saat Anda berkunjung ke sumur ini, Anda juga akan temukan beberapa penjual batu kerikil. Harga yang dibanderol untuk batu kerikil itu sebesar 500 rupiah. Banyak wisatawan yang coba peruntungannya dengan melempar batu kerikil ini. 

4. Kawah di Dieng 


Dataran tinggi Dieng Wonosobo mempunyai sebagian kawah yang indah, yakni Kawah Sikidang, Kawah Candradimuka, serta Kawah Sileri yang masih tetap aktif. 

Kawah Sikidang yaitu satu diantara kawah yang jadikan andalan obyek wisata di Dieng serta berada di lokasi Dieng timur. Panorama di sekitaran kawah ini begitu indah, kombinasi hamparan bukit hijau serta tanah kapur di sekitaran tanah kawah. 

Dinamakan Sikidang karna kolam magma di kawah ini seringkali berpindah-pindah seperti Kidang (bhs Jawa untuk hewan Kijang). Gejolak magma di kawah ini cukup tinggi, pada 1/2 sampai satu mtr.. 

5. Candi Dieng 


Candi yaitu satu lambang kepariwisataan di Dieng. Candi jugalah yang buat Dieng jadi tempat yang sakral. Disini ada banyak Candi Hindu yang menyebar di beberapa tempat. 

Candi-candi yang ada di Dieng dinamakan sesuai sama tokoh Mahabarata. Ada Candi Bima, Arjuna, Gatot Kaca, Srikandi, dan sebagainya. Jenis bangunan candi disini ikuti bentuk candi di India dengan keunikan arca serta relief yang menghiasi bangunan candi.

No comments:

Post a Comment